Delapan ‘Rahasia’ Kenapa Anda Harus Segera Gunakan Video Marketing, Tertarik?

Pelaku UKM di Batam Diajak untuk Ikuti Zaman
October 18, 2018
Sukses Pasarkan Benang Kaos Berkat Internet Marketing
October 27, 2018

Delapan ‘Rahasia’ Kenapa Anda Harus Segera Gunakan Video Marketing, Tertarik?

Cr: wartaekonomi.co.id

Wartaekonomi.co.id, Jakarta – Kami baru saja menerbitkan sebuah infografis tentang seberapa signifikan fungsi dari video. Namun, masa depan sudah sampai di era modern. Hal Ini telah menjadi sebua ‘tahun revolusi video’ penuh bagi pemasar. Menurut statistik Wyzowl, 63% bisnis telah mulai menggunakan pemasaran dengan memakai konten video.

Dari 82% bisnis tersebut merasa bahwa pemasaran dengan Video atau Video Marketing adalah bagian penting dari strategi mereka. Video berkembang dengan cepat dan akan mencapai rekor yang lebih cepat dari yang kita duga. Tren ini didorong oleh 83% bisnis yang percaya bahwa video marketing memberi mereka ROI (Return of Investment) yang baik.

Tidak diragukan lagi, video marketing adalah salah satu penambahan terbaru pada kotak peralatan promosi Anda. Anda mungkin masih ragu. Apakah benar layak untuk mempertimbangkan untuk menggunakan video untuk mempromosikan bisnis Anda? Apakah Anda memiliki cukup sumber daya untuk mempelajari dan menerapkan konten video dalam pemasaran Anda?

Jawabannya sederhana: Ya, ini sangat berharga. Bukan hanya karena semua orang melakukannya tapi karena video adalah salah satu alat pemasaran digital paling serbaguna dan menguntungkan di luar sana. Berikut adalah 8 alasan mengapa Anda harus menggunakan video maketing sekarang juga.

  1. Video Meningkatkan Konversi dan Penjualan

Pertama-tama, Video bisa memberi Anda sejumlah keuntungan yang signfikan. Menambahkan video produk di laman produk Anda dapat meningkatkan konversi hingga 80%. Dan tim Treepodia telah memastikan bahwa video bekerja dengan baik terlepas dari kategori di mana ia ditempatkan.

Video juga bisa mengarah langsung ke aspek penjualan. Studi menunjukkan bahwa 74% pengguna yang menonton sebuah explainer-video tentang suatu produk kemudian berhasrat untuk membelinya. Jadi, lebih baik mulai bikin video produk Anda yang menarik sekarang juga!

Jika Anda memikirkannya, efektivitas video bahkan tidak mengejutkan. Bagaimanapun, visi adalah perasaan kita yang paling dominan. Sebagian besar informasi yang dikirimkan ke otak kita bersifat visual. Jadi jika sudah ada gambar bisa meningkatkan pertunangan secara besar-besaran, bayangkan apa yang bisa dilakukan gambar bergerak ke bisnis Anda.

2.    Video Menunjukkan ROI (Return of Investment) yang Bagus

Untuk membuat Anda semakin bersemangat, 83% bisnis mengatakan bahwa video memberikan laba atas investasi yang baik. Meski produksi video belum menjadi tugas yang paling mudah dan murah, Dan juga terkesan menghabiskan banyak waktu. Selain itu, alat pengeditan video online terus meningkat dan menjadi lebih terjangkau. Dan bahkan smartphone Anda bisa membuat video yang lumayan bagus.

Kabar baik lainnya adalah video Anda tidak harus sempurna. Ini adalah konten yang penting! Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pengguna kebanyakan menunda video yang tidak menjelaskan produk atau layanan dengan cukup jelas. Kualitas rendah dan desain yang buruk sama sekali tidak penting. Jadi adil untuk mengatakan bahwa video itu seperti pizza, walaupun itu buruk, tetap masih enak untuk dimakan!

  1. Video Membangun Kepercayaan

Kepercayaan adalah dasar dari perubahan dan penjualan. Tapi membangun kepercayaan harus menjadi tujuan tersendiri. Keseluruhan konsep pemasaran konten didasarkan pada kepercayaan dan menciptakan hubungan jangka panjang. Hentikan penjualan dan biarkan orang-orang datang kepada Anda dengan memberi mereka informasi yang menarik dan juga berguna.

Saya tidak bisa mengatakannya lebih baik daripada Mark Schaefer, Direktur Eksekutif Solusi Pemasaran Schaefer atau Schaefer Marketing Solutions mengatakan: “Era baru menuntut fokus pada sebuah hal yang menarik, bukan hanya konten, kepercayaan, bukan hanya lalu lintas, dan pada orang-orang elit di antara audiens Anda yang menyebarkan dan menganjurkan konten Anda”.

Video melakukan semuanya. Konten video cenderung melibatkan kita dan memicu emosi para audiens. Dan ketika kita berbicara tentang orang-orang elit di antara penonton, YouTuber telah menjadi tokoh media sosial paling hebat untuk mempromosikan merek Anda. Jadi, jika Anda serius dengan pemasaran konten, Anda juga harus serius dengan video.

Video promosi juga bisa membantu membangun kepercayaan. Beberapa konsumen masih skeptis membeli sebuah produk dan menggunakan online shopping karena takut ditipu. Tapi video marketing yang efektif menghadirkan produk Anda dalam sebuah bentuk percakapan. Hal tersebut  menciptakan sebuah pendekatan individual yang menjadikan 57% konsumen mengatakan bahwa video memberi mereka kepercayaan lebih untuk membeli secara online.

4.    Google Suka dengan Video

Video memungkinkan Anda meningkatkan waktu yang dihabiskan pengunjung di situs Anda. Dengan demikian, eksposur yang lebih lama membangun kepercayaan dan memberi sinyal pada mesin telusur bahwa situs Anda memiliki konten yang bagus. Moovly memberi statistik kekalahan: Sebanyak 53 kali kemungkinan muncul di Google jika ada video yang disematkan di situs web Anda. Karena Google sekarang memiliki YouTube, telah terjadi peningkatan yang signifikan pada jumlah video yang mempengaruhi peringkat mesin telusur Anda.

Pastikan untuk mengoptimalkan video Anda di Youtube untuk SEO. Tuliskan judul dan deskripsi yang menarik. Tambahkan tautan kembali ke situs web, produk, dan layanan Anda. Berikan calon pelanggan cara untuk mengambil langkah selanjutnya. Dan jelajahi dunia video interaktif, untuk mendorong tindakan lebih banyak lagi.

5.    Video Ramah dengan Para Pengguna Smartphone

Video dan Smartphone berjalan beriringan. 90% konsumen menonton video di ponsel mereka. Dari Q3 tahun 2013, tampilan video seluler telah berkembang lebih dari 233 persen. YouTube melaporkan bahwa konsumsi video seluler meningkat 100% setiap tahunnya. Karena orang suka menonton video saat dalam perjalanan, dan sejumlah pengguna ponsel cerdas berkembang, pemirsa video Anda terus bertambah besar dan terus berkembang.

Selain itu, Google memberi tahu kami bahwa pengguna ponsel cerdas dua kali lebih mungkin daripada pemirsa TV dan 1,4 kali lebih mungkin karena para user desktop merasakan adanya hubungan pribadi dengan merek yang menampilkan konten video atau iklan di perangkat mereka.

  1. Video Marketing Mampu Menjelaskan Apa Saja

Meluncurkan produk baru atau sebuah layanan? Buat video untuk menunjukkan cara kerjanya. 98% pengguna mengatakan bahwa mereka telah menonton video explainer untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk atau layanan. Itulah sebabnya 45% bisnis yang menggunakan video marketing mengatakan bahwa mereka memiliki video explainer di beranda mereka. Dari bisnis tersebut, 83% mengatakan bahwa video detail di halaman depan mereka berjalan dengan efektif.

Mencoba menjelaskan konsep yang sulit? Buat video animasi. Animasi dapat membawa konsep ke kehidupan yang tidak ada teks atau video langsung. Selain itu, video yang notabene membosankan tidak mampu lagi untuk mendapatkan banyak viewer. Video animasi adalah kombinasi sempurna antara hiburan, nostalgia, dan kesederhanaan, dan manfaatnya juga signifikan lho!.

  1. Video Marketing Tarik Perhatian Siapa Saja, Bahkan Para ‘Pemalas’

Video adalah alat yang hebat untuk belajar, tapi juga sangat mudah dikonsumsi. Kehidupan hari ini terlalu sibuk untuk memiliki waktu untuk membaca deskripsi produk yang panjang atau menggali jauh ke dalam layanan. Pelanggan modern ingin melihat produk dalam sebuah atraksi atau tindakan. Ini adalah salah satu kekuatan pendorong iklan video yang paling penting.

Video Marketing dapat menangkap khalayak luas, dan bekerja pada banyak tingkatan. Bahkan bagi para pemalas sekalipun. Pastikan Anda menargetkan tidak hanya ke mata tapi juga ke telinga calon klien. Keunggulan kompetitif Anda akan mendapatkan kekuatan ganda!

8.    Video Mendorong Orang untuk Men-Share

Dalam Laporan Industri Pemasaran Sosial Tahunan ke-8, Michael Stelzner menyatakan bahwa 60% pemasar sosial menggunakan konten video pada 2015 dan 73% dari total responden berencana menggunakannya pada tahun 2016. Dan mereka yakin akan melakukannya.

Jaringan sosial juga mendorong konten video dengan fitur baru mereka. Facebook telah meluncurkan 3600 Video, Live Video, dan Lifestage (Aplikasi Video-Centric untuk Remaja). Instagram memasang 60-Second Videos & Instagram Stories, Twitter memiliki Periskop. Sedangkan, YouTube adalah jejaring sosial terpopuler kedua di dunia.

Namun, dalam konteks media sosial, pemasar video harus ingat bahwa orang berbagi emosi, bukan fakta. 76% pengguna mengatakan mereka akan berbagi video bermerek dengan teman mereka jika itu menghibur. Jadi, buatlah video menghibur yang menyenangkan untuk mendorong aksi share di social media. Emosi tidak persis ROI, tapi ‘saham sosial’ dapat meningkatkan lalu lintas ke situs Anda, dan Anda dapat mengambilnya dari sana.

So everyone, Video Advertising menjadi semakin terjangkau dan tersebar luas. Sebagian karena teknologi canggih tapi juga karena mudah menyebar ke seluruh dunia. Membuat video marketing untuk bisnis Anda membutuhkan sebuah kreativitas dan juga sebuah pengetahuan terkait dengan psikologi manusia. Seluruh komponen ini memungkinkan terciptanya sebuah ‘mukjizat’ iklan dengan biaya minimal, sebagaimana dikutip dari dreamgrow.com, Sabtu (2/11/2017).

Iklan iklan kreatif yang mampu menangkap emosi para viewer-nya akan dapat menyebar di Internet dalam hitungan hari, mendapatkan jutaan penayangan. Dan ini adalah intisari dari video marketing: satu-satunyadigital creative marketing yang mampu bertahan sampai saat ini!

Penulis/Editor: Hafit Yudi Suprobo

Foto: Reuters

Sumber: Warta Ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *