Zaman Now, Perusahaan Butuh SDM Dengan Berbagai Skill Ini

Sukses Pasarkan Benang Kaos Berkat Internet Marketing
October 27, 2018
Jokowi Minta Koperasi Melek Teknologi
November 1, 2018

Zaman Now, Perusahaan Butuh SDM Dengan Berbagai Skill Ini

Cr: Arabian Marketer

JOGJA MEDIA TEKNOLOGI – Pasca berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akhir tahun 2015 lalu, Indonesia kedatangan banyak tenaga kerja asing dari berbagai negara. Kondisi ini seharusnya sudah membuat kita sadar dan mulai berbenah diri menghadapi persaingan tenaga kerja yang ada. Sebab, dengan berlakunya MEA ini, persaingan tenaga kerja semakin ketat. Kita tidak hanya berlomba dengan kawan sesama tanah air tetapi juga warga negara asing. Melalui MEA, globalisasi semakin mengurangi sekat-sekat antar negara.

Hal ini sama perumpamaannya dengan perkembangan teknologi, seperti keberadaan telepon pintar, website, media sosial, dan lain sebagainya. Kita tidak mungkin bisa menghindari perubahan dan dinamika modernisasi yang terus berjalan ini, sehingga cara paling tepat bagi kita semua adalah melakukan penyesuaian diri.

Dampak dari globalisasi ini merambah ke semua elemen kehidupan, salah satunya di bidang ketenagakerjaan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, persaingan tenaga kerja sudah semakin ketat, begitu juga untuk beberapa tahun yang akan datang. Pada tahun 2020 mendatang telah diprediksi akan muncul beberapa tren teknologi yang bisa menggeser peran manusia, media komunikasi berkembang pesat, komunitas semakin besar, dan semakin eratnya hubungan antar manusia secara global di ranah digital. Untuk itu, jika anda sedang mencari SDM untuk usaha anda, maka mereka harus memiliki kemampuan bersaing yang baik. Berikut tantangan SDM yang akan dihadapi sekarang dan masa depan.

  1. Memecahkan persoalan yang kompleks

Ini merupakan skill yang paling krusial. Kita tidak bisa asal memecahkan masalah hanya berdasarkan asumsi kita sendiri. Perlu perenungan dan uji coba beberapa kali untuk mengetahui titik persoalan dan solusi yang bisa diambil. Saat kita melihat persoalan, maka kita punya kesempatan membawa perubahan. Ini merupakan cara berpikir pengusaha startup.

  1. Berpikir kritis

Dengan kemampuan berpikir kritis, SDM diajak untuk tidak menerima segala sesuatu apa adanya. SDM harus peka terhadap kejanggalan dibalik sesuatu yang diterimanya. Artinya SDM harus memiliki rasa keingintahuan yang tinggi terhadap sesuatu yang tersembunyi, serta tidak meremehkan hal sekecil apapun setiap menghadapi masalah.

  1. Kreatif

Mulai saat ini kemampuan berpikir kreatif sudah selayaknya menjadi softskill yang harus dimiliki setiap SDM. Apalagi untuk beberapa tahun mendatang, skill ini digadang-gadang sebagai kriteria SDM di dunia industri. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat akan produk dan jenis pekerjaan yang semakin bervariasi. Mesin memang bisa bekerja sesuai perintah, tetapi mesin belum tentu kreatif.

  1. Berkoordinasi dengan orang lain

Bekerja menuntut semua orang mampu bekerjasama tim dengan baik. Pasalnya, kerjasama tim ini mempengaruhi produktivitas perusahaan.

  1. Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional sangat dibutuhkan dalam bekerja. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kecerdasan emosional lebih berperan terhadap kesuksesan SDM ketimbang kecerdasan intelektual. Melalui kecerdasan emosional, SDM bisa mengelola dirinya sendiri dan orang lain, serta memunculkan interaksi yang positif di lingkungan kerja.

Demikian kemampuan dan skill yang harus dimiliki setiap SDM. Sebagai gambaran juga untuk perusahaan yang ingin merekrut tenaga kerja, sebaiknya mencari SDM yang memiliki skill di atas. Kami Jogja Media Teknologi melayani jasa management recruitment SDM, bagi anda yang membutuhkan SDM dengan skill yang memadai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *